feedburner

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Membuat Program Portable "1"

Labels:

Sebagai seorang yang suka surfing lewat warnet (Warung Internet), saya punya sedikit problem pada awalnya. khususnya saat saya ingin menjalankan program-program yang biasa saya gunakan, tetapi ternyata pada komputer client tidak terdapat program yang saya maksudkan. Mau-tidak mau saya terpaksa harus menginstal terlebi dahulu program tersebut, dikemudian hari saya harus melakukan hal yang sama karena ternyata komputer client tersebut telah di Freeze, yang artinya setiap kali komputer restart maka settingan pada komputer akan kembali pada posisi awal. Ini dilakukan hampir di seluruh warnet yang ada.

Untuk mengatasi masalah tersebut saya mencari cara lain, sebelum bisa membuat program portable sendiri, saya sering sekali download program-program yang berbasis portable. Kemudian tanpa disengaja muncullah suatu ide, mengapa harus mendownload program portable kalau saya bisa belajar membuat program portable sendiri.

Hal pertama yang saya lakukan untuk itu adalah mencari informasi yang berhubungan dengan pembuatan program portable. Ternyata ada banyak program yang menyediakan fasilitas membuat program portable. Dalam artikel ini saya akan menjelaskan salah satu program yang digunakan untuk membuat program portable, yaitu Thinstall. Pada artikel dihalaman yang lainnya nanti, saya juga akan menjelaskan bagaimana membuat program portable dengan menggunakan software lainnya selain Thinsall, inilah alasan saya mengapa pada judul artikel menggunakan part 1, Bukan berarti saya akan menjelaskan bagaimana membuat program portable secara terpisah. Namun membuat program portable selain Thinstall.

Pertama persiapkan program Thinstall, dapat diunduh di sini
1) Setelah menginstal program Thinstall selanjutnya jalankan program tersebut.
2) Pilih Setup Care (Merekam data komputer, sebelum proses penginstalan program yang akan di buat portable.
3) Instal program yang akan di Portable-kan.
4) Save perubahan, lalu save capture.
5) Simpan Pada directory yang diinginkan.
6) Buka folder yang tadi telah disimpan, maka akan muncul sederetan file maupun folder baru, Pilih Build.bat. Lihat hasilnya di folder …\bin\*.exe

"OK, LET'S MAKE YOUR FIRST PORTABLE"



Maaf jika ada kata-kata yang kurang jelas atau tidak dimengerti.
Written By Tyo



3 comments:
gravatar
Anonymous said...
4/25/2009  

Bro yang part 2 mana ?

gravatar
Tyo said...
5/08/2009  

part 2nya menyusul.
tp skrg sudah bisa bkin program portable sindirikan ?

Untuk posting selanjutnya Qt akan pake 3 program. slah satunya pke winrar

gravatar
Anonymous said...
9/25/2010  

where is part number 2?

Post a Comment